JAKARTA, KABARINDONESIA.CO.ID-PT Astra Daihatsu Motor
(ADM) selaku produsen otomotif terbesar di Indonesia, kembali menggelar Daihatsu National Technical Skill Contest pada Rabu, 20 Januari 2016 bertempat di Daihatsu Technical Training
Center, Sunter, Jakarta. Acara yang rutin
digelar setiap dua tahun ini
digelar untuk ke-31 kalinya dengan mengusung tema “Enhance CS Through Quality Service Improvement & Excellent Operation”.
Sebagai
spesialis produsen mobil kompak di Indonesia, Daihatsu terus melakukan
inovasi dan improvement secara berkesinambungan di berbagai aspek. Kontes ini diadakan
untuk mengapresiasi dan memotivasi para teknisi, foreman (kepala regu), dan service advisor dalam meningkatkan
kualitas kemampuan teknis (technical
skill) para teknisi Daihatsu. Selain
itu, acara ini juga memberikan kesempatan berharga bagi setiap peserta dalam
merintis karirnya bersama Daihatsu.
Proses pendaftaran dan seleksi
peserta dilaksanakan di setiap Bengkel
Daihatsu yang ada di Indonesia yang dikategorikan
menjadi delapan area, meliputi Sumatera,
DKI 1, DKI 2, Jawa
Barat; Jawa Tengah; Jawa Timur; Kalimantan; dan
Indonesia Bagian Timur (IBT). Tercatat total peserta sebanyak 461 teknisi
yang mendaftar dari 118 bengkel Daihatsu yang ada di
Indonesia.
Babak penyisihan dilakukan secara
bertahap mulai dari pengujian materi secara teori dan praktik baik di
tingkat regional maupun nasional. Kontes ini menghasilkan 24 finalis yang berhak maju ke babak final
di Jakarta. Pada kategori Teknisi,
pengujian dilakukan dengan melakukan Servis Perawatan Berkala. Sedangkan untuk Foreman, memecahkan masalah pada
kendaraan (Troubleshooting), dan
membuat laporan produk Daihatsu (LPD). Lalu, Service Advisor diberikan pengujian role play 7 step, yaitu proses penerimaan customer sampai dengan
penyerahan unitnya kembali. Semua ini dilakukan dengan standar yang telah ditetapkan
oleh Daihatsu. Daihatsu memberi penghargaan kepada Juara 1, 2, 3, serta hadiah khusus perjalanan ke luar negeri bagi
Juara 1, pada ketiga kategori
tersebut.
“Melalui kontes ini, kami berharap kemampuan para
teknisi di bengkel resmi Daihatsu yang ada di Indonesia dapat meningkat. Program
ini merupakan wujud komitmen Daihatsu untuk terus meningkatkan kualitas layanannya
pada bidang purnajual”, ujar Technical
Service Division Head Anjar Rosjadi. Tujuan Akhir penyelenggaraan
kompetisi ini adalah untuk membentuk mekanik
yang andal untuk meningkatkan kepuasan pelanggan
terhadap pelayanan bengkel
Daihatsu. (*/tw)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar